Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri secara Rinci

Untuk membangun rumah sendiri tentunya harus ada perhitungan yang cermat sebelum kamu membangun rumah. Sudah banyak sekali contoh perhitungan pada blog seperti profbiaya.com ini. Tentu kamu harus mengetahui dahulu langkah-langkah dalam menghitung biaya rumah kamu.

Beberapa hal yang harus kamu rinci seperti menghitung luas bangunan, desain rumah, jasa yang akan mengerjakan, barang-barang yang akan kamu beli dan biaya lainnya jika diperlukan. Mari kita perinci mengenai kebutuhan yang wajib disiapkan.

1. Biaya material Bangunan

Silahkan kamu merinci barang apa saja yang akan kamu perlukan, kamu juga dapat bertanya kepada calon penjual jasa atau tukang yang sudah berpengalaman mengenai material bangunan. Barang material juga disesuaikan dengan perabotan yang akan mempermudah kamu untuk pemasangan.

Selain itu, juga harus memperhatikan luas lahan sebagai contoh untuk tanah dengan luas 60 m2, maka untuk wilayah misalnya di Jakarta harganya berkisar 2 juta per meter, maka kamu harus mengalikan, kita-kira butuh budget untuk tanahnya sendiri, yaitu Rp 1.200.000.

2. Arsitek Bangunan

Mungkin kamu bukan orang yang mengetahui seluk beluk arsitek, kamu dapat googling dahulu mengenai arsitektur dan bagaimana dalam pembangunan rumah.

Hal yang tidak kamu mengerti sebaiknya kamu konsultasikan, dan pastikan yang kamu bayangkan sesuai dengan jawaban yang kamu terima. Kamu juga dapat bertanya kepada tetangga atau teman yang sudah membangun rumah, sehingga kamu juga mengetahui misalnya tentang desain yang bagus untuk rumah kamu, atau inspirasi seperti apa untuk memiliki rumah.

3. Perhitungan Membangun Rumah

Jangan lupa kamu harus memperhitungkan tentang budget rumah yang akan kamu bangun. Sebagai informasi bahwa dalam membangun rumah kamu memiliki pilihan, yaitu antara membangun rumah baru, atau kamu merenovasi rumah lama, jika biaya rumah yang kamu renovasi tidak jauh berbeda dengan membangun rumah, tentu kamu harus berpikir ulang untuk membangun rumah.
 
4. Jasa Tukang

Memberikan bayaran kepada tukang pertama kamu mengetahui tentang aturan yang jelas, kemudian kamu lihat darimana kamu mendapatkan jasanya, dari mulut ke mulut, atau dari jasa formal dan sudah sah secara aturan di negara ini. Dari situ kamu dapat mengetahui berapa besaran upah yang harus kamu berikan. Tidak ada salahnya memberikan sedikit konsumsi berupa makanan kecil atau kopi untuk para tukang.

5. Dana Tambahan

Selalu dan harus ada dana tambahan yang kamu persiapkan, karena apabila ada kebutuhan dadakan, misalnya materialnya atau penambahan desainnya maka dana cadangan akan sangat berguna. Pada artikel lain di profbiaya.com kamu dapat menghitung lebih detail biaya-biaya yang harus kamu siapkan dan perkiraan biaya.

Alangkah baiknya jika kamu benar-benar memastikan bahwa biaya yang kamu keluarkan sesuai dengan harga pasaran, atau dapat juga kamu mengunjungi toko-toko material bangunan, sekaligus bertanya mengenai bangunan rumah yang kamu inginkan.

Toko bangunan biasanya juga dapat memberikan informasi bagus untuk bahan material yang kamu butuhkan, ataupun perkiraan harga-harga, sehingga kamu dapat memperkirakan dan membandingkan harga pada toko lainnya.

Penelusuran terkait:
Anggaran Biaya Pondasi Rumah Type 36
Bangun rumah dengan Dana 30 juta
Bangun rumah biaya 50 Juta
Biaya Pembangunan rumah Ukuran 10x15
Biaya bangun rumah per meter
Biaya bangun rumah type 45
Biaya bangun rumah minimalis 3 kamar
Harga bangun rumah per meter
Anggaran biaya bangun rumah 2 lantai sederhana
Biaya bangun rumah type 36 minimalis
Biaya pondasi rumah type 36
Anggaran biaya bangun Rumah Minimalis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel