Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Biaya Pondasi Rumah Type 45

Apakah mba dan mamase berencana membuat pondasi rumah type 45? Dan ingin mengetahui kisaran biaya yang harus dianggarkan? Sangat mudah karena postingan profbiaya.com akan memberi ulasan biaya pondasi rumah tipe 45 tersebut dengan hitungan sederhana.

Tidak usah repot pakai rumus yang sulit dipahami cukup memakai hitungan sederhana ala tukang harian yang lebih simpel.

Sebelum kita kalkulasi biaya, mari kita fahami makna rumah type 45 itu sendiri. Rumah type 45 adalah tipe rumah yang luas bangunan nya 45 meter persegi dan biasanya diikuti dengan luas lahan, Seperti 45/90 artinya rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi yang dibangun di lahan seluas 90 meter persegi. Atau tipe 45/80 berarti tipe rumah 45 dan luas lahan 80m persegi.

Biaya Pondasi Rumah Type 45
Perhitungan biaya pondasi rumah tipe 45 kita simulasikan pada contoh gambar di atas, kita coba rinci jumlah biaya yang harus dikeluarkan atau untuk dianggarkan. Dalam hitungan ini kita menggunakan cara paling mudah tak perlu rumus yang menyulitkan.

Acuan gambar untuk pondasi tersebut di atas pada denah tanah keseluruhan yaitu 7x9m. Untuk pondasi keliling + pondasi tengah kita bisa jumlah kan terlebih dahulu untuk mengetahui volume panjang pondasi yang akan kita lakukan yaitu 7+9 x 2= 32m (P)
  • Perhitungan Volume Pondasi
Untuk volume kubikasi pondasi rumah tipe 45 pada umumnya ketinggian pondasi (T) 1,2m dengan lebar bawah (lb) 50cm dan lebar atas (la) 30cm. Hitungan kubikasi nya adalah
(1/2 (la+lb) x T x P = 0,40m x 1,2m x 32m
= 0,48 x 32 = 15,36 M³
Atau dibulatkan jadi 16 kubik.
  • Penghitungan Biaya Pondasi
Untuk hitungan biaya borongan pondasi biasanya per kubik terima beres rata rata yaitu Rp 900.000 / per kubik. Terima beres terpasang sudah tidak ada biaya lagi. Jumlah total taksiran biaya pondasi nya adalah 900.000 x 16 m³ = Rp 14.400.000 (Sudah terima beres dan termasuk bahan material.

Acuan harga borongan 900 ribu tersebut tidak berlaku untuk Kota-kota besar. Umunya pasaran harga borongan pondasi di kota besar mencapai 1,5 jutaan per kubik nya. 

Jika ingin membeli material sendiri maka kita hanya perlu jasa tukang pasang saja, sedangkan material kita yang beli. Adapun upah jasa pasang pondasi saja (Jasa tenaga) borongan tarif umum nya adalah Rp 350.000 per kubik x 16 m3 = Rp 5.400.000 (Upah Jasa tukang).

Pekerjaan pondasi sebaiknya dilakukan secara borongan, Jika dibuat harian walaupun jasa saja biasanya akan rugi karena pekerjaan harian akan lambat selesainya lama. Dan Biaya akan membengkak. Faktanya perbandingan waktu kerja borongan dengan harian jauh berbeda. Borongan bisa selesai 1 minggu, Kalau dibuat harian bisa 1 bulan. Kerja tukang harian perlu di kontrol setiap hari yang menyita banyak waktu. Itulah penjelasan singkat tentang Biaya pondasi rumah type 45.