Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisa Modal Usaha Aquascape


Keindahan aquascape dengan pemandangan bawah air dengan tema tertentu membuat mata yang memandangnya merasa segar dan timbul efek rasa tenang dan nyaman. Melihat hijau tanaman dipadu dengan berbagai aksesoriesnya dan ikan-ikan hias yang bersliweran di antara tanaman dan bebatuan membuat siapapun yang memandangnya akan jatuh cinta.

Aquascape seperti karya seni, memiliki nilai estetika tersendiri. Memerlukan ilmu, ketelatenan, dan kesabaran dalam membuatnya. Aquascape bisa dibuat untuk air tawar maupun air asin/laut.

Tidak seperti aquarium yang menitikberatkan pada jenis ikan hias yang dipelihara, aquascape menitikberatkan pada keseimbangan dan padu padan unsur tanaman dengan unsur aksesorisnya seperti kayu dan batu hias. Aquascape memerlukan ikan hias yang kecil saja ukurannya agar tidak merusak tanaman yang ada. Bisa juga ditambahkan udang hias dan keong laut.

Saat ini sudah banyak orang yang menyukai aquascape, maka jasa set up pembuatan aquascape pun meningkat. Demikian juga permintaan berbagai peralatan untuk membuat aquascape. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha aquscape.

Usaha aquascape dapat dimulai sebagai usaha rumahan, memanfaatkan lahan atau ruang yang ada dirumah. Seperti jenis usaha lainnya maka usaha aquascape pun memerlukan sejumlah modal.

Modal ini digunakan untuk membeli keperluan peralatan untuk membuat aquascape seperti aquarium kaca atau aklirik, lampu, aksesories penunjang, tanaman hias, dan ikan hias. Dan sarana pendukung seperti pasir, media tanam dan pakan ikan.

Modal juga diperlukan jika ingin melakukan budidaya tanaman atau ikan hias sendiri, selain bisa mencukupi kebutuhan sendiri untuk membuat aquascape, anda bisa menjadi supplier ke para pembuat aquascape. Anda memerlukan wadah/tempat penampungan dan bibit indukan.

Untuk besaran modal tergantung bagaimana anda mendesain usaha aquascapenya. Bisa saja modal yang dibutuhkan berkisaran puluhan juta untuk membangun usaha aquascape namun ada juga yang memulai usaha ini hanya bermodalkan uang ratusan ribu dan usahanya semakin berkembang.

Artinya modal uang memang dibutuhkan namun tidak menjadi patokan harus berapa besar uang yang harus disediakan, tergantung bagaimana anda mensiasatinya.

Selain modal uang maka ada lagi modal yang tidak kalah pentingnya yaitu modal pengetahuan tentang teknik membuat aquascape. Sediakan waktu untuk belajar seluk beluk aquascape. Bagaimana membuat desain yang unik dan bagus, dan lakukan percobaan beberapa kali sampai menguasai teknik-teknik pembuatan aquascape. Hal ini perlu diperhatikan sebelum memulai usaha ini, agar bisa berjalan dengan baik usaha yang akan anda mulai.

Demikian sekilas tentang modal yang diperlukan dalam usaha aquascape. Ada banyak hal yang bisa dipelajari tentang usaha aquscape ini. Niat dan ketekunan merupakan kunci sukses anda, selalu update ilmu dan tidak berhenti belajar. Semangat berusaha…..