Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya UKT Kuliah Universitas Hasanuddin Makassar sesuai Prodi Jurusan

Kota Makassar mempunyai banyak Kampus negeri favorit dan salah satunya adalah Universitas Hasanuddin atau yang disingkat UNHAS. UNHAS ini berdiri pada tanggal 10 September 1956 di Makassar.

Pada mulanya Universitas Hasanuddin Makassar ini merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi UI ( Universitas Indonesia). Kemudian, saat era Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden UNHAS dibangun di Baraya dengan nama yang sama yakni Kampus Baraya.

Saat posisi Rektor dijabat oleh Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, pada tahun 1980-an UNHAS berpindah ke Tamalanrea. Hingga pada tahun 2006 silam ada pertambahan satu fakultas di Kampus UNHAS ini yang notabene adalah cabang dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yaitu Fakultas Kehutanan.

Sekarang ini, UNHAS sendiri diperuntukkan untuk Fakultas Teknik. Lokasi Kampusnya berada di bekas pabrik kertas Gowa di Kabupaten Gowa.

Untuk Kampus yang baru di lokasi tersebut mulai berfungsi pada tahun 2006 silam dan masih dalam tahap renovasi pembangunan pada masa itu.
Mulai tahun 2006 lalu UNHAS mulai menjalankan penuh statusnya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Bahkan beberapa alumni yang pernah kuliah di Kampus ini juga orang-orang yang berkualitas. Contohnya seperti Bapak Jusuf Kalla (Mantan Presiden RI ke-10 dan ke-12) dan Bapak Terawan Agus Putranto (Menteri Kesehatan Periode 2019-2024).

Biaya UKT Kuliah Universitas Hasanuddin Makassar Terbaru sesuai Prodi

Dimulai sejak tahun 2013 lalu, biaya kuliah di Universitas Hasanuddin Makassar ini menggunakan sistem UKT atau nama lainnya adalah sistem subsidi silang.

Apa itu sistem UKT? ini maksudnya adalah penentuan besarnya biaya kuliah di UNHAS berdasarkan dari penghasilan orang tua mahasiswa masing-masing.

Jadi, semakin rendah penghasilan orang tua mahasiswa tersebut, maka nominal UKTnya semakin kecil. Namun sebaliknya, apabila penghasilan atau gaji orangtua mahasiswa itu besar, maka nominal UKT semakin besar.

Inilah Besaran Biaya Kuliah Universitas Hasanuddin yang Diambil Dari Beberapa Prodi

1. ILMU EKONOMI DAN STUDI PEMBANGUNAN
> Biaya kelompok 7 sebesar Rp 5juta dan dana pengembangan: Rp 50 juta.

2. PENDIDIKAN DOKTER
> Biaya kelompok 7 sebesar Rp 20 juta dan dana pengembangan: Rp 250 juta.

3. PSIKOLOGI
> Biaya kelompok 7 sebesar Rp 6 juta 500 dan dana pengembangan: Rp 65 juta

4. TEKNIK SIPIL

> Biaya kelompok 7 sebesar

5,500,00055,000,000D02

5. ILMU ADMINISTRASI NEGRAA

> Biaya kelompok 7 sebesar Rp 3 juta 500 dan dana pengembangan: Rp 35 juta

6. SASTRA INDONESIA

> Biaya kelompok 7 sebesar Rp 3 juta dan dana pengembangan: Rp 30 juta.

7. SASTRA INGGRIS

> Biaya kelompok 7 sebesar Rp 4 juta dan dana pengembangan: Rp 40 juta.

8. MATEMATIKA

> Biaya kelompok 7 sebesar Rp 4 juta 500 dan dana pengembangan: Rp 45 juta.

9. ILMU GIZI

> Biaya kelompok 7 sebesar Rp 6 juta dan dana pengembangan: Rp 60 juta

10. ILMU KOMPUTER

> Biaya kelompok 7 sebesar Rp 4 juta 500 dan dana pengembangan: Rp 45 juta.