Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Kuliah Politeknik Pariwisata / Poltekper Makassar

Kota Makassar sebagai terbesar di Indonesia bagian Timur, memiliki sebuah perguruan tinggi yang memberikan pendidikan tentang bidang kerja pariwisata. Yaitu Politeknik Pariwisata Makassar atau Poltekper Makassar. Didirikan pada tahun 1991.

Awalnya bernama Akademi Pariwisata Makassar (AKPAR). Kemudian pada akhir tahun 2015 diubah statusnya menjadi Politeknik Pariwisata Makassar. Berlokasi di Jalan Gunung Rinjani No. 1 Kota Mandiri Tanjung Bunga Makassar. Perubahan status ini membuat perluasan program studi.

Poltekper Makassar merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pariwisata, dan sudah terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia.
Seperti umumnya seperti politeknik lain maka Poltekper Makassar menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan Diploma 3 dan Diploma 4 dengan beberapa pilihan program studi. Untuk Diploma 3 terdiri dari program studi :
  • Manajemen Divisi Kamar
  • Manajemen Tata Hidangan
  • Manajemen Tata Boga
  • Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata
Sedangkan Diploma 4 terdiri dari program studi :
  • Usaha Perjalanan Wisata
  • Pengelolaan Hotel
  • Destini Pariwisata
Untuk lulusan D3 diberi gelar A.Md (Ahli Madya) dan lulusan D 4 gelarnya adalah S.ST (Sarjana Sains Terapan).

Untuk bisa menempuh pendidikan di Poltekper Makassar ada 2 proses seleksi penerimaan mahasiswa baru yaitu jalur SBM PTNP (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata) atau jalur SMM Poltekper Makassar (Seleksi Mandiri Masuk Poltekper Makassar). Setiap jalur seleksi bisa diikuti lulusan SMA/SMK/MA. Jalur penerimaan ini menentukan besarnya biaya kuliah.

Untuk jalur SBM PTNP, setiap calon mahasiswa yang dinyatakan lulus diwajibkan mendaftar ulang dengan membayar biaya pendidikan dan perkuliahan, PSDP, dan biaya ujian semester dengan total Rp. 1.900.000,-. Berlaku untuk seluruh program studi D3 dan D4.

Sedangkan untuk jalur seleksi mandiri, biaya kuliah berada di kisaran Rp. 4.000.000,- per semester.

Anda tertarik untuk berkarir di bidang pariwisata maka sekolah kedinasan ini patut anda pertimbangkan. Untuk informasi lebih rinci silahkan adan kunjungi website resmi Poltekper Makassar atau bisa datang langsung ke kampus Poltekper Makassar.

Indonesia terdiri dari banyak pulau-pulau dengan alam yang indah dan memiliki ke khasan tersendiri. Wisata bahari, pegunungan, kuliner, sejarah dan kearifan lokal merupakan asset yang bisa terus dikembangkan. Pariwisata Indonesia kian dikembangkan, banyak daerah baru yang digali potensi wisatanya.

Indonesia bagian Timur pun kian bergeliat memperkenalkan potensi wisatanya. Sebut saja Labuan Bajo, Raja Ampat, Pantai Losari, Bunaken, Tanah Toraja, terkenal secara nasional bahkan internasional.

Ada banyak lagi potensi wisata Indonesia bagian Timur yang saat ini mungkin baru terkenal secara lokal, dengan dukungan sarana pariwisata yang memadai bisa saja terkenal di dalam negeri bahkan manca negara.

Pariwisata membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan untuk bisa mengolah potensi wisata menjadi bernilai jual yang pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan daerah.

Sumber daya manusia yang berkualitas dan professional yang bisa memenuhi kebutuhan pekerjaan di bidang pariwisata. Perlu adanya lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses pembelajaran di bidang ini.