Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Kuliah Politeknik Ilmu Pelayaran / PIP Makassar

Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan dan terletak di bagian paling ujung selatan Pulau Sulawesi. Kota dengan julukan kota Angging Mammiri ini merupakan kota terbesar untuk daerah bagian timur Indonesia. Makassar terkenal juga sebagai daerah pantai. Salah satunya adalah Pantai Losari yang sudah sangat terkenal sebagai salah tujuan wisata di Makassar.

Sebagai daerah yang dikelilingi laut dan terkenal sebagai pelaut, begitu juga negara Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim diperlukan sumber daya manusia pelaut yang berkualitas dan professional untuk diserap dalam industri kerja di tanah air bahkan manca negara.

Diperlukan sarana pendidikan untuk menjadikan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang pelayaran. Untuk itu didirikan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Awal mula berdirinya PIP Makassar bernama Sekolah Pelayaran Dasar atau Merchant Marine Rating School. Kemudian sejak tahun 1999 sampai sekarang dikenal dengan nama Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, berlokasi di Jalan Tentara Pelajar No.173 Makassar. Sedangkan kampus II berada di Jalan Salodong, Untia Biringkanaya Makassar.
PIP Makassar merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di lingkungan Kementrian Perhubungan Indonesia. Pendidikan yang diselenggarakan adalah program Diploma IV Pelayaran. Program studinya adalah :
  • Nautika
  • Teknika
  • Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan (KALK) 
Lulusan dari PIP Makassar berhak disebut Perwira Muda dengan gelar Sarjana Terapan Pelayaran (S.Tr. Pel).

PIP Makassar menerima lulusan SMA jurusan IPA dan IPS dan SMK jurusan Mesin. Para Taruna dididik untuk menjadi tenaga Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Kepelabuhan.

Lulusan Nautika menjadi Perwira Deck Kapal, lulusan Teknika menjadi Perwira Engineer Kapal dan lulusan Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan menjadi Kepala Pelabuhan, Pimpinan Perusahaan Pelayaran serta Deputi Kementrian Perhubungan.

Untuk peringkat akreditasi secara institusi dan program studi, PIP Makassar mendapat akreditasi B yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia. Jalur untuk masuk sebagai Taruna di PIP Makassar biasanya terbagi 2 yaitu jalur Pola Pembibitan (ikatan dinas) dan jalur Non Reguler (Mandiri).

Kalian yang ingin berkuliah disini harus memilih salah satu jalur tersebut. Pendaftaran secara online di sipencatar.debhub.go.id. Untuk lengkapnya mengenai syarat pendaftaran bisa dilihat situs resmi PIP Makassar atau website Kementrian Perhubungan Indonesia.

Biaya Kuliah PIP Makassar

Mengenai biaya kuliah di PIP Makassar dikutip dari situs resminya, untuk jalur ikatan dinas maka biaya semester ditanggung negara.

Namun di awal masuk dibebankan biaya-biaya lain seperti pembayaran perlengkapan dinas taruna, kartu perpustakaan, asuransi, modul, dan biaya asrama dan lain-lain, sehingga total yang harus dibayarkan per program studi adalah:
  • Jurusan Nautika : Rp. 21. 354.000,-
  • Jurusan Teknika : Rp. 21.404.000,-
  • Jurusan KALK : Rp. 20.694.000,-
Untuk jalur non regular atau jalur mandiri, biaya awal masuk terdiri dari biaya semester 1 dan pemondokan. Besarannya untuk program studi :
  • Jurusan Nautika : Rp. 28.374.000,-
  • Jurusan Teknika : Rp. 28.314.000,-
  • Jurusan KALK : Rp. 27.377.000,-
Demikian penjelasan mengenai Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dan rincian biaya kuliahnya. Secara rinci besaran biaya kuliah jalur mandiri dapat dilihat pada situs resmi PIP Makassar atau datang langsung ke Kampus Utama PIP Makassar.