Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Modal Utama Usaha Bunga Plastik

Mempunyai suatu usaha atau bisnis mungkin menjadi keinginan banyak orang. Apakah itu merupakan usaha utama ataupun usaha sampingan yang dapat langsung anda kelola sendiri atau dibantu karyawan.

Ada banyak pilihan jenis usaha yang bisa anda pilih. Atau anda ingin membuka usaha yang sesuai dengan hobi dan minat anda. Usaha dan hobi bisa berjalan bareng dan menguntungkan.

Bagi yang menyukai atau hobi merangkai bunga bisa membuka usaha bunga plastik. Seni merangkai bunga yang anda kuasai bisa menjadi peluang. Anda bisa memadupadankan berbagai bunga plastik dengan berbagai warna dan ukuran.
 

Rangkaian bunga bisa anda jual atau sewakan untuk acara-acara tertentu, seperti wisuda, lamaran, pernikahan dan acara kantor. Anda bisa menggunakan modal keterampilan yang anda kuasai untuk membuka usaha.

Suatu usaha memang membutuhkan modal. Modal disini bisa berarti banyak hal, bisa berupa uang, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan mengolah usaha itu sendiri.

Tanpa modal mustahil usaha bisa berjalan. Mana yang lebih penting modal uang atau keterampilan? Semuanya penting dan mempunyai peranan masing-masing.

Dalam usaha bunga plastik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal modal. Apa saja? Yuk disimak penjelasan rincian modal usaha bunga plastik di bawah ini.

Modal Dana / Uang

Perlu sejumlah dana atau uang untuk bisa menjalankan usaha bunga plastik. Dana ini diperlukan untuk membuka tempat usaha, seperti kios atau toko yang berada ditempat strategis untuk berjualan bunga plastik.

Jika tidak mempunyai dana yang cukup, bisa menjadikan rumah sebagai tempat usaha namun ada kelemahannya yaitu jika rumah berada di tempat yang sulit dijangkau mungkin pembeli merasa keberatan untuk datang.

Atau bisa juga membuka usaha secara online dan di Marketplace. Memang tidak mengeluarkan biaya sewa namun ada biaya lain seperti membeli gadget dan kuota.

Dana juga diperlukan untuk membeli stok bunga plastik dan peralatan yang menunjang pembuatan rangkaian bunga plastik, seperti gunting, pisau, berbagai jenis pot, vas, dan

alat alat lainnya. Mungkin bisa menyediakan lemari atau etalase untuk memajang bunga plastik maupun rangkaian bunga. Demikian juga jika kita merekrut karyawan, maka perlu dana untuk menggajinya.

Seberapa besar toko anda tergantung bagaimana modal dana anda. Jika punya modal yang cukup bisa membuat toko bunga plastik yang lengkap dan banyak pilihan. Namun jika modal yang anda punya minim mungkin anda bisa membuat toko bunga plastik yang sederhana dulu baru kemudian di kembangkan.

Modal Keterampilan Usaha Bunga Plastik

Sebagai hobi yang anda kembangkan menjadi usaha, maka keterampilan yang anda punya merupakan modal yang bisa mendukung usaha. 

Karena keterampilan merangkai bunga tidak semua orang bisa, perlu ketelitian dan pengetahuan untuk memadupadankan bunga yang beraneka bentuk dan warna menjadi rangkaian bunga yang cantik dan sesuai dekorasi ruangan. Keterampilan ini harus anda tingkatkan agar ilmu anda update supaya bisa berinovasi dan kreatif.

Modal Manajemen

Mengolah sebuah usaha perlu adanya ilmu manajemen. Bagaimana anda membuat strategi penjualan dengan berpromosi misalnya atau membuat target pencapaian penjualan.

Walau usaha anda masih terbilang sederhana tetap harus dijalankan dengan professional. Kemudian control dan evaluasi juga selalu harus dilakukan. Untuk melihat seberapa besar tumbuh kembang usaha anda.

Modal jaringan

Selanjutnya adalah modal jaringan atau networking anda. Memulai usaha bunga plastik yang anda rintis tentu anda harapkan banyak orang yang membeli bunga atau rangkaian bunga plastik anda.

Namun seberapa banyak orang yang mengetahui toko anda. Anda bisa mengenalkan pada keluarga, tetangga, saudara maupun kenalan. Mereka termasuk jaringan anda. Kemudian kembangkan jaringan dengan membuka program reseller misalnya.

Bagaimana? Apakah dari rincian modal di atas sudah bisa membuat anda berani untuk memulai usaha bunga plastik? Kata pepatah dimana ada usaha di situ ada jalan, so jangan takut….mulai aja dulu. Selamat berwirausaha.