Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rincian Biaya Awal membuka Bisnis Servis Komputer Laptop

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa komputer dan laptop sangat diperlukan sehari-hari. Seperti misalnya bagi para pekerja kantoran akan sangat membantu tugas pekerjaan di kantor seperti membuat laporan kerja.

Selain itu, penggunaan komputer atau laptop juga bisa dipakai oleh anak sekolah atau anak kuliahan. Mereka biasanya menggunakan tool tersebut guna menyelesaikan tugas sekolah dan kuliah seperti mencari informasi dan referensi di internet.

Dalam penggunaanya komputer atau laptop sering mengalami kerusakan oleh berbagai macam faktor. Seperti misalnya pemakaian yang terlalu berlebihan atau mungkin softwarenya terkena virus sehingga nge-blank.

Mungkin ini bisa menjadi peluang bisnis untuk membuat jasa servis komputer atau laptop. Namun bagi yang belum pernah, dibawah ini kami informasikan rincian biaya bisnis service komputer.

Rincian Biaya Modal Bisnis Servis Komputer Laptop
Apabila kita mempunyai keterampilan atau keahlian khusus dalam bidang memperbaiki komputer dan laptop maka kita bisa membuka usaha servis komputer / laptop secara offline. Berikut adalah rincian biaya modal usaha servis komputer/laptop untuk pemula.

A. Biaya Investasi

1. Komputer Rp 3 juta
2. Laptop Rp 6 juta
3. Peralatan usaha seperti kabel data, obeng, dll Rp 1 juta
4. Renovasi ruangan sekitar Rp 4 juta
5. Perlengkapan software seperti cd windows, cd installer dll Rp 2 juta
6. Perlengkapan hardware Rp 8 juta
7. Peralatan pendukung Rp 1 juta
8. Sewa lokasi usaha Rp 10 juta

Jadi, jumlah total modal awal yang harus dikeluarkan sebagai biaya usaha service komputer/laptop adalah sebesar Rp 35 juta.

B. Biaya Operasional
1. Biaya Pulsa internet Rp 200 ribu
2. Biaya keamanan, listrik, air bulanan Rp 500 ribu
3. Biaya tak terduga Rp 300 ribu

Jadi, biaya operasional usaha servis laptop dan komputer kurang lebih sebesar Rp 1 juta per bulan.

C. Keuntungan Membuka Bisnis service komputer Laptop

Adapun keuntungan apabila kita membuka usaha servis komputer atau laptop seperti berikut.

Jika dalam satu hari kita bisa mendapatkan pesanan perbaikan komputer atau laptop sebanyak 3 buah unit. Maka dalam sebulan kita mampu memperbaiki 90 buah laptop atau komputer.

Kemudian, Jika tarif jasa perbaikan laptop atau komputer sebesar Rp 75 ribu per unit maka keuntungan yang bisa kita dapatkan sekitar Rp 225 ribu perhari. Dikalikan sebulan omset usaha servis komputer / laptop sekitar Rp 6.750.000 per bulan dan dikurangi biaya operasional maka omset bersih perbulan sebesar Rp 5.750.000.