Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modal Usaha Bakso Untuk Pemula di Kios atau Ruko cukup 18 Juta

Ada banyak usaha kuliner jenis baru yang kian bermunculan, tetapi kuliner jenis lama rupanya dapat tetap bertahan. Salah satu kuliner yang tetap eksis dan digemari oleh masyarakat yaitu bakso.

Bahan baku pembuatan bakso pun mudah dicari dan proses pembuatannya tidak begitu sulit. Tidak bisa dipungkiri kuliner bakso ini memiliki citarasa yang dapat menggugah selera makan hanya melihat dari tampilannya saja.

Oleh karena itu bagi yang ingin terjun dalam usaha kuliner makanan bakso ini peluangnya masih terbuka lebar. Disamping itu, bakso menjadi salah satu makanan yang sudah lekat dengan orang Indonesia.

Meskipun di luar sana mungkin banyak pedagang atau penjual bakso. Namun, kita tidak boleh pesimis dan masih banyak celah untuk dapat sukses dalam menjalani usaha kuliner bakso ini.
Justru dengan banyaknya pesaing, ini harusnya membuat kita lebih termotivasi untuk membuat inovasi. Citarasa dan kelezatan dari rasa makanan bakso ini adalah kunci utama agar pelanggan merasa puas dan selalu nagih. Selain itu, modal awal usaha bakso juga tidak membutuhkan uang yang banyak.

Rincian Modal Usaha Bakso Untuk Pemula

Apabila kita ingin membuka usaha kuliner bakso dengan cara menyewa kios atau toko inilah contoh rincian biaya yang harus kita persiapkan.

a. Perkiraan biaya sewa kios per tahun= Rp12.000.000
b. Perkiraan biaya beli meja dan kursi= Rp2.000.000
c. Perkiraan biaya beli alat masak dan hidang= Rp2.000.000
d. Perkiraan biaya pembuatan spanduk dan lain-lain= Rp1.000.000
e. Perkiraan biaya bahan baku dan laiin-lain= Rp1.000.000

Jadi, total biaya yang dibutuhkan untuk membuka usaha bakso di kios atau toko adalah kurang lebih Rp18.000.000 hingga Rp20.000.000. Memang cukup besar, namun jika perhitungan dan cara berbisnis kita dapat dikelola dengan baik maka untung yang didapat bisa berkali-kali lipat.

Nah, berikut ini adalah informasi bagaimana cara memulai bisnis kuliner bakso dan juga rincian modal usaha bakso untuk pemula.

1. Memilih Lokasi Usaha Bakso yang Strategis

Bagi usaha kuliner ataupun jenis usaha lainnya, pemilihan lokasi berjualan adalah hal yang sangat penting. Termasuk lokasi warung bakso pun harus di tempat yang strategis agar para pelanggan kita tidak kesulitan dalam mencari warung kita.

Mungkin kita bisa memilih tempat yang ramai dikunjungi oleh orang-orang seperti di pasar, pinggir jalan raya, atau di tempat-tempat nongkrong lainnya. Namun, jika modal usaha terbatas, kita bisa mencoba berjualan bakso dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat dengan menggunakan fasilitas gerobak.

2. Mematok dengan Harga Murah Dulu

Saat memulai usaha bakso yang harus dilakukan pertama kali adalah cita rasa yang lezat dan juga harganya yang relatif terjangkau. Sebab, pembeli terkadang malas untuk mencoba makanan baru apabila harga yang ditawarkan terlalu mahal. 

Pasalnya tidak dapat dipungkiri bahwa bakso tentunya dikenal dengan rasanya yang lezat dan menggugah selera. Namun, akan lebih baik lagi apabila kita bisa menawarkan rasa bakso yang sangat lezat lain daripada yang lain dengan harga murah.

3. Memberikan Brand Nama yang Unik Untuk Warung Bakso

Tidak ada salahnya apabila kita memberikan nama warung atau tempat jualan bakso kita dengan nama yang unik untuk menarik perhatian orang banyak.

Misalnya "Warung Bakso Granat", ini akan membuat calon pembeli merasa penasaran dengan sajian bakso yang kita jual. Untuk menyesuaikan dengan namanya kita harus menyajikan bakso dengan bentuk atau ukuran yang besar seperti granat tadi.

Kemudian kita bisa berinovasi dengan menambahkan isian yang istimewa seperti telur ayam, telur puyuh, daging sapi plus cabai untuk citarasa pedas atau isian lainnya.