Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Periksa Mata di Puskesmas pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Cek atau periksa mata secara berkala merupakan langkah penting untuk mengetahui kesehatan mata. Biasanya periksa mata dapat dilakukan di ahli mata, namun umumnya masyarakat bisa melakukan pemeriksaan mata di puskesmas terdekat.

Selain mudah dan biaya terjangkau, periksa mata di puskesmas masih diminati oleh masyarakat menengah kebawah. Untuk mengetahui rincian biaya periksa mata di puskesmas, kami sajikan lengkap baik periksa mata pakai BPJS atau tanpa BPJS. 

Sebelum diperiksa mata di puskesmas umumnya bergantung dari indikasi penyakit mata yang dialami oleh pasien. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis pemeriksaan mata di puskesmas.
 
Periksa mata di Puskesmas Foto dhzblog.com
Pemeriksaan fisik mata di puskesmas
  • Tes ketajaman penglihatan (uji refraksi).
  • Pemeriksaan gerakan otot mata (eye muscle test).
  • Pemeriksaan lapang pandang.
  • Tes buta warna.
  • Tonometri (intraocullar pressure).
  • Prosedur Periksa Mata di Puskesmas
Biaya Administrasi Periksa Mata di Puskesmas

Ketika melakukan pemeriksaan mata di puskesmas, pasien diharuskan membayar biaya administrasi jasa pelayannya. Umumnya besaran biaya administrasi ini berada di kisaran Rp 10.000 hingga Rp 20.000, tergantung pada kebijakan masing-masing puskesmas.

Biaya Pemeriksaan Mata di Puskesmas

Setelah mengetahui besaran biaya administrasi layanannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar tarif pemeriksaannya. Perlu diketahui, biaya periksa mata ini tergantung dari jenis pemeriksaannya. Berikut adalah detail pemeriksaan mata beserta harganya.

Biaya cek Mata di Puskesmas sesuai Jenis Pemeriksaan

Biaya pemeriksaan visus mata Rp 13.000
Biaya entraksi corpal mata Rp 35.000
Biaya entraksi corpus alienum mata (per mata) Rp 22.500
Biaya iritasi mata Rp 45.000

Selain membayar biaya periksa mata di puskesmas, pasien juga diharuskan mengikuti serangkaian prosedur pemeriksaannya. Adapun prosedur pemeriksaan kondisi kesehatan mata di puskesmas diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Tahap Awal Periksa Mata di Puskesmas

Langkah pertama biasanya pasien akan diminta untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata di puskesmas.

Pada tahapan ini pasien harus menginformasikan keluhan yang sedang dirasakan, entah itu berhubungan dengan mata ataupun tidak. Dokter juga biasanya menanyakan riwayat kesehatan pasien dan keluarganya.

Tahap Periksa dan Identifikasi mata

Setelah itu, dokter akan memulai prosedur pemeriksaan mata dengan mengamati adanya kemungkinan kelainan dari kelopak mata, lapisan transparan penutup bagian depan mata (konjungtiva), selaput bening mata (kornea), bagian putih mata (sklera) hingga selaput pelangi (iris). Proses pemeriksaan mata ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Tahap Akhir Periksa Mata di Puskesmas

Lalu tahap terakhir dokter akan menjelaskan tentang kondisi kesehatan mata pasiennya. Jika memang diperlukan adanya tindakan lanjutan, maka dokter akan menyarankan langkah terbaik untuk para pasiennya.

Biaya Periksa Mata di Puskesmas

Tentunya biaya periksa mata di puskesmas jauh lebih murah jika dibandingkan dengan periksa mata di dokter ahli mata. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pemeriksaan kondisi kesehatan mata di puskesmas biasanya tidak selengkap di rumah sakit karena faktor kelengkapan fasilitasnya.

Selain itu, besaran biaya untuk pasien umum atau mandiri dengan pasien peserta kartu BPJS Kesehatan juga berbeda. Daripada penasaran berapa besar biaya periksa mata di puskesmas, simak baik-baik rinciannya di bawah ini.

Di atas merupakan rincian biaya periksa mata di puskesmas khusus bagi pasien mandiri ataupun pasien umum. Sementara bagi pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan, mereka tidak akan dikenai biaya sedikitpun alias gratis.