Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Kuliah UMI Makassar sesuai Fakultas terbaru

Kota Makassar mempunyai banyak Kampus favorit. Selain nama Universitas Negeri Makassar dan UNHAS di kota ini ada Universitas favorit lainnya bernama Universitas Muslim Indonesia. Nama UMI atau Universitas Muslim Indonesia atau lebih dikenal dengan UMI Makassar adalah kampus Islami swasta.

Namun, meskipun demikian Kampus UMI Makassar ini tergolong adalah kampus terbaik yang mempunyai nilai akreditasi A dari BAN-PT.

Tidak hanya akreditasi kampusnya saja yang mendapat predikat A, beberapa jurusan atau prodi di UMI Makassar ini juga mempunyai predikat nilai A.

Tentu saja hal ini membuat UMI Makassar menjadi banyak diminati oleh pelajar lulusan SMA, MA dan SMK. Sebab Kampus UMI Makassar ini mempunyai banyak peminatnya, tentu informasi mengenai biaya kuliah Universitas Muslim Indonesia ini sangatlah dibutuhkan. Di Kampus ini ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa kita pilih sesuai dengan minat.

Di Universitas Muslim Indonesia makassar ini terdapat beberapa jenis biaya kuliah yang wajib dibayarkan oleh para mahasiswanya. Untuk tahun ini UMI Makassar setidaknya mempunyai empat jenis biaya kuliah mulai dari SPP, BPP, biaya POMD, dan biaya AK3U. Selain itu, adapula rincian biaya kuliah untuk masing-masing prodi atau jurusan. Berikut ini adalah penjelasan informasi tentang biaya SPP, BPP, biaya POMD, dan biaya AK3U:
1. Biaya SPP dan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) UMI Makassar

SPP UMI Makassar adalah biaya kuliah awal bagi mahasiswa baru dan hanya perlu dibayarkan selama satu kali selama menempuh studi di Kampus ini. Biasanya SPP ini dibayarkan saat registrasi awal.

Kemudian, BPP ini adalah biaya kuliah per semester. Cara pembayarannya bisa dilakukan tiap tahun, semester ataupun melalui sistem cicilan (bila disetujui pihak institusi).

2. Biaya POMD dan Biaya AK3U UMI Makassar

Dimana biaya POMD ini wajib dibayarkan tiap semester oleh mahasiswa fakultas kedokteran, kedokteran gigi, serta farmasi. Rincian biaya POMD tiap fakultas UMI Makassar 2021 adalah:

> Kedokteran : Rp 1.500.000 per semester
> Kedokteran Gigi : Rp 1.000.000 per semester
> Farmasi : Rp 500.000 per semester

Sementara untuk biaya AK3U ini adalah uang kuliah khusus yang hanya wajib dibayarkan tiap semester oleh para mahasiswa fakultas teknik industri UMI Makassar. Dimana besarnya biaya AK3U UMI Makassar 2021 yaitu sebesar Rp 500 ribu.

Biaya Kuliah Universitas Muslim Makassar


Apabila kita sudah mengetahui tentang
jenis biaya kuliah di UMI Makassar. Berikutnya adalah kita pun wajib tahu tentang rincian biaya kuliah UMI Makassar 2021. Berikut adalah rincian biaya kuliah UMI Makassar diambil dari beberapa Fakultas yang ada di Universitas ini. Rincian biaya kuliahnya diambil dari biaya rata-rata dan adapula yang lebih tertinggi.

1. Biaya kuliah untuk Fakultas Agama Islam di UMI Makassar di kisaran Rp 17 juta 500.

2. Biaya kuliah untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UMI Makassar di kisaran Rp 17 juta 500.

3. Biaya kuliah untuk Fakultas Teknik di UMI Makassar di kisaran Rp 17 juta 500.

4. Biaya kuliah untuk Fakultas Hukum di UMI Makassar di kisaran Rp 17 juta 500.

5. Biaya kuliah untuk Fakultas Sastra di UMI Makassar di kisaran Rp 5 juta 600.

6. Biaya kuliah untuk Fakultas Kedokteran di UMI Makassar di kisaran Rp 343 juta.

7. Biaya kuliah untuk Fakultas Farmasi di UMI Makassar di kisaran Rp 29 juta.

8. Biaya kuliah untuk Fakultas Ilmu Komputer di UMI Makassar di kisaran Rp 14 juta 450.