Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Ternak Kambing Potong Pemula Modal 37 Juta serta Resikonya

Jika selama ini anda hanya mendengar usaha ayam potong, ternyata Ada juga lho usaha ternak Kambing potong yang keuntungannya juga tidak kalah Menggiurkan dengan usaha ternak lainnya.

Biasanya usaha ternak Kambing potong ini lebih banyak di pedesaan karena Lokasi nya yang mendukung. Namun tidak menutup kemungkinan bagi anda yang tinggal di kota juga dapat memulai usaha ternak Kambing potong, namun dengan catatan berada di Lokasi yang tepat dan jauh dari permukiman.

Usaha ternak Kambing potong di desa masih di jalankan dengan sistem tradisional baik dari perawatan maupun pakannya. Hal ini karena wawasan para petani ternak Kambing potong ini belum ke arah yang modern.
Modal Awal Ternak Kambing Pemula Cukup 37 Juta

Usaha ternak kambing potong adalah Salah satu usaha yang sangat menguntungkan di desa karena permintaan Akan daging kambing ini sangat banyak seperti rumah makan maupun pada saat hari raya Qurban yang permintaan semakin banyak.

Lalu sekarang yang menjadi pertanyaan bagi calon pengusaha ternak kambing potong adalah berapa jumlah modal yang harus dikeluarkan. Berikut adalah rinciannya.

1. Sewa lahan dalam jangka waktu 10 tahun biasanya 15 juta (anda harus menyewa ketika tidak memiliki lahan yang cukup).

2. Pembuatan kandang disesuaikan dengan jumlah ternak. Misalnya untuk jumlah 20 kambing anda harus membangun kandang ukuran 8m x 8m. Dan upah tukang 50 ribu/hari .

Pembuatan kandang kambing ini dengan sistem sekat atau kamar dengan ukuran 150 cm x 100 cm. Biasanya biaya yang dibutuhkan untuk 1 buah kandang isi 20 ekor kambing yaitu 2 juta.

3. Bibit Kambing biasanya anda bisa membeli pada umur 10 bulan dengan harga 500 ribu. Jadi jika 20 kambing make biaya yang anda butuhkan adalah 10 juta.

4. Biaya pembuatan sumur bor Dan basecamp untuk karyawan yaitu 8 juta.

5. Gaji karyawan 2 orang adalah 2 juta

Berdasarkan rincian di atas, make modal awal yang harus anda persiapkan untuk memulai usaha ternak kambing potong adalah 37 juta. Namun modal tersebut akan segera kembali karena permintaan pasar yang sangat banyak.

Resiko Usah Ternak Kambing

Jika kita kaji lebih jauh, tentu usaha ternak kambing potong juga memiliki resiko yaitu penyakit. Biasanya penyakit yang meresahkan para peternak kambing potong adalah flu burung atau jenis penyakit lainnya.

Minimnya pengetahuan para peternak kambing potong tentang penyakit biasanya kambing yang sakit dibiarkan saja sampai sembuh sendiri atau bahkan mati.

Nah, jika Ada beberapa kambing yang mati tentu akan menimbulkan kerugian. Untuk itu anda harus memiliki pengetahuan tentang cara mengatasi penyakit kambing, atau menggunakan cara lain yaitu memanggil dokter hewan atau menyembelih kambing untuk meminimalisir kerugian.