Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modal Usaha Ikan Cupang Mulai 2jt bisa

Usaha budidaya Ikan Cupang menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Banyak sekali orang yang hobi merawat ikan hias dengan berbagai macam dan warna ini.

Selain perawatannya yang tidak susah, ikan ini juga memiliki keunggulannya masing-masing. Salah satunya yaitu warnanya yang tidak sama. Seorang breeder atau peternak, bisa menghasilkan omzet hingga 300 juta rupiah per bulannya.

Ada hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai membuka bisnis budidaya ikan cupang ini. salah satunya adalah target pasar.
Menentukan target pasar merupakan dasar utama yang harus Anda pikirkan. Ikan cupang sendiri memiliki sasaran di kelas bawah, menengah dan atas.

Masing-masing kelas memiliki modalnya sendiri-sendiri. Jangan disamakan, modal antara kelas bawah dan menengah atau bawah dan atas.

Untuk kelas bawah, Anda bisa mulai menyiapkan modal sebesar 500 ribu - 1 juta rupiah untuk membeli indukkan, bak pembesaran hingga pakan ikan. Modal yang dikeluarkan berpengaruh pada apa yang akan dihasilkan.

Sebab, modal ini berkaitan dengan pembelian indukan. Indukan yang baik harganya bisa sampai 5 juta rupiah hingga 15 juta sepasang, karena indukan yang baik akan melahirkan anakkan yang baik pula.

Oleh karena itu, jangan sayang uang untuk mencari indukan yang benar-benar bisa menghasilkan anakan yang baik. Untuk mendapat indukan betina yang bagus, ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan, seperti:

• Pilihlah ikan cupang yang sudah berumur antara 3-4 bulan.

• Pilih postur tubuh yang membulat, sementara bagian perut agak buncit.

• Warna tubuh agak kusam, tidak menarik, dan siripnya pendek.

• Memiliki gerakan yang lambat.

Dari sedikit penjabaran di atas, maka bisa disimpulkan bahwa budidaya ikan cupang termasuk bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan modal minim, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Berikut ini perkiraan modal usaha/rincian biaya usaha budidaya ikan cupang bagi pemula.

Modal Awal Usaha Ikan Cupang

Biaya beli indukan : Rp 500.000.
Biaya soltare : Rp 400.000.
Biaya lain-lain : Rp 100.000.
Total biaya awal : Rp 1.100.000

Modal Bulanan Usah Ikan Cupang

Pengadaan bibit : Rp 300.000.
Pakan ikan : Rp 200.000.
Vitamin dan lain-lain : Rp 300.000.
Biaya listrik dan air : Rp 100.000.
Biaya lain-lain : Rp 100.000.
Total pengeluaran setiap bulan Rp 1.000.000.

Demikian sedikit penjabaran tentang modal usaha ikan cupang yang bisa Anda jadikan referensi untuk mulai membuka bisnis budidaya ikan cupang. Semoga bermanfaat, ya!