Biaya Kuliah Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri)

Polsri atau Politeknik Negeri Sriwijaya resmi dibuka pada 20 September 1982. Saat ini jumlah mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya lebih dari 7000 orang dan jumlah itu semakin meningkat tiap tahunnya dengan penambahan fasilitas dan dibukanya beberapa program studi baru.

Sistem perkuliahan di Politeknik Negeri Sriwijaya dulu berlangsung dari hari Senin - Sabtu namun kebijakan ini diubah sejak tahun awal Semester Ganjil 2013 menjadi hanya Senin hingga Jumat.

Masing-masing Universitas memiliki kebijakannya sendiri dalam penetapan Biaya beserta ketentuan pembayarannya. Begitu pula dengan Politeknik Negeri Sriwijaya.
Biaya pendidikan di Politeknik Negeri Sriwijaya atau sering disebut dengan Polsri Palembang ini, dibedakan berdasarkan jalur masuk mahasiswa baru. Terdapat beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di Polsri diantaranya adalah :
  1. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri )
  2. Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  3. Jalur UM PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri )
  4. UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri)
  5. Jalur Ujian Masuk Mandiri
Perbedaan utama dari kelima jalur di atas adalah mahasiswa dari jalur SNMPTN (dulu PMDK-PN), SBMPTN dan UMPN tidak dikenakan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP).

Selain itu besaran UKT jalur mandiri, kerja sama dan alih jenjang langsung ditetapkan Polsri tanpa melihat latar belakang ekonomi (rata-rata pada kelompok UKT 5, 6 dan 7).

Bahkan untuk kelas kerjasama seperti dengan PLN, PT GMF Aoeroasia atau perusahaan lain, SPP per semester bisa mencapai Rp.9.000.000 – Rp.12.000.000. Berikut ini adalah daftar biaya per masing-masing jurusan berdasarkan kelompok UKT-nya.

Biaya UKT Polsri Palembang

Untuk UKT Kelompok I yaitu, Rp. 500.000,- dan Kelompok II yaitu, Rp.1.000.000,-
Perbedaan besaran biaya terletak pada jenjang Diploma, Sarjana Terapan dan Reguler juga pada jalur masuk yang ditempuh.

Namun untuk kuliah Reguler atau S1, PTN ini menerapkan biaya kuliah dengan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT yang besarnya sama di tiap program studi. Uang kuliah ini dibayarkan di awal semester dengan besaran yang berbeda tiap semesternya.

Nah, itulah daftar biaya kuliah di Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi website resminya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel