Biaya Urug Lantai Rumah / Meninggikan Lantai Rumah

Jika rumah sering tergenang oleh banjir sudah sepatutnya kita melakukan langkah pengurugan lantai agar lantai rumah jadi tinggi dan tidak lagi tergenang banjir.

Selain karena lantai rumah sering tergenang air ketika banjir, biasanya pemilik rumah akan melakukan peninggian lantai ketika posisi rumah dipinggir jalan, dengan posisi jalan lebih tinggi dari lantai rumah dan berimbas tergenang air saat musim hujan.

Untuk meninggikan lantai rumah harus dilakukan oleh tukang bangunan yang membidangi, namun sebelum dilakukan pengurugan kita mesti menghitung jumlah urugan atau timbunan yang kita perlukan. Poin nya adalah:
  • Berapa tinggi urugan lantai rumah kita?
  • Berapa kubik jumlah urugan yang kita butuhkan?
  • Berapa biaya Urug lantai rumah?
  • Dan Berapa upah jasa tukang?
Itulah poin utama ketika akan melakukan urug lantai atau meninggikan lantai rumah. Ketika sudah diketahui maka dengan mudah kita menghitung anggaran termasuk total biaya tukang.
Foto urug lantai rumah (sumber tribunnews)
Biaya Material Urugan Lantai Rumah

Kita misalkan tinggi urugan lantai rumah 80cm dengan luas rumah beserta halaman berukuran 9 x 9 m. Berarti menghitung kebutuhan material nya adalah:
Tinggi urugan lantai 80cm atau 0,8m
Volume 9x9x0,8 = 64,8 m3 (Kubik)
Misal harga 1 ret urugan Rp 250.000

Berarti kita tinggal pesan tanah urug sebanyak 64,8 kubik Sedangkan 1 ret urugan berisi 7 kubik. Maka kebutuhan urugan untuk lantai rumah kita perlu setidak nya dibulatkan 10 ret urugan. Jadi 10 x 250.000 = Rp 2.500.000

Hitungan Jasa Tukang Urug

Hitungan jasa tukang bisa harian atau borongan misal tukang sekalian pemadatan upah jasa 20rb per kubik. Berarti 64,8 x 20.000 = 1.296.000

Jumlah Total Biaya Urugan Lantai Rumah

Menjumlahkan total biaya urugan lantai rumah dan tukang dihitung secara global yaitu 2.500.000 + 1.296.000 = Rp 3.796.000
Jadi setidaknya anggaran biaya yang harus kita siapkan untuk urug lantai rumah sekitar 4 jutaan.

Hitungan biaya tersebut belum kita masukkan pelseter dan pasang keramik dan jasa. Hitungan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan pasaran harga material tanah urug di lokasi Anda tinggal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel