Buka Toko Kelontong Modal 20 Juta itu Lega, Begini Cara Mengelolanya

Toko kelontong merupakan toko yang menyediakan atau menjual kebutuhan sehari-hari. Biasanya, toko kelontong menjual kopi, makanan instan seperti mie instan, jajanan, aneka jenis minuman, keperluan memasak seperti minyak, bumbu masak,dan lainnya.

Pasti di sekitar tempat kita tinggal ada toko kelontong, baik itu toko kelontong kecil-kecilan ataupun yang besar (grosiran).

Bahkan, mungkin ada beberapa toko kelontong yang letaknya berdekatan. Lalu, bagaimana ketika kita ingin membuka suatu toko kelontong dan budget yang kita punya adalah 20 juta rupiah. Bagaimana cara mengelola nya?

Kita akan mengulas beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan ketika akan membuka toko kelontong dengan modal 20 juta rupiah.

1. Lokasi yang Strategis Paling Utama
 
Toko kelontong modal 20 juta
Lokasi menjadi hal yang sangat penting untuk mendirikan toko kelontong. Maka dari itu, kita harus memilih tempat yang sekiranya akan membuat toko kita ramai pembelinya.

Sebagai contoh lokasi yang strategis untuk buka toko kelontong yaitu lokasi yang jauh dari pasar namun tetap berada pada tempat yang ramai penduduk. Hal ini akan membuat masyarakat lebih memilih untuk belanja di toko kelontong daripada pasar.

2. Tentukan Pangsa Pasar

Pangsa pasar disini yaitu target pasar. Kita harus pandai dalam melihat situasi. Sebagai contoh, pada suatu komplek dan kita ingin membuka toko kelontong di komplek tersebut kita harus tahu barang ataupun bahan apa saja yang sering dibeli dan dibutuhkan oleh masyarakat di komplek tersebut.

3. Menjadi Distributor yang Menawarkan Harga Terjangkau

Ini menjadi sangat penting karena dengan mendapatkan harga yang terjangkau dari distributor atau pemasok toko kelontong kita, tentu akan mendapat keuntungan ataupun menjual dengan harga yang relatif lebih murah. 

Kita juga harus memastikan bahwa lokasi pemasok tidak terlalu jauh dari toko kelontong kita agar terhindar dari ongkos kirim yang mahal.

Dengan 20 juta, kita bisa membuat toko kelontong grosir atau besar. Maka dari itu, pemilihan distributor sangat penting.

4. Pemilihan Barang Dagangan

Dengan modal 20 juta, kita bisa membuat toko kelontong layaknya minimarket atau toserba. Dimana barang dagangan yang kita tawarkan itu lengkap dan memiliki banyak varian sehingga pembeli tidak perlu membeli barang yang diinginkan ke toko lain. 

Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa barang dagangan yang kita jual itu bagus kualitasnya.

5. Pelayanan

Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang baik agar para pembeli tidak merasa menyesal bahkan terus selalu datang ke toko karena pelayanan yang diberikan itu membuat pembeli tersanjung.

Bisa juga dilakukan dengan cara memberikan harga khusus atau diskon kepada pelanggan setia toko kelontong kita.

Itulah beberapa langkah cara mengelola yang dapat dilakukan untuk membuka toko kelontong dengan modal 20 juta. Semoga dapat membantu bagi yang akan membuka toko kelontong.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel