Modal dan Syarat Buka Alfamart serta Ketentuan Bagi Hasil

Apakah anda tertarik membuka waralaba Minimarket Alfamart? Berapa modal buka Alfamart? Alfamart adalah salah satu tempat belanja ternama di Indonesia karena hampir setiap wilayah di Indonesia ada gerai Alfamart.

Hadirnya Alfamart ini dianggap memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berbelanja seperti kebutuhan pokok, apalagi ditambah adanya promo yang diberikan Alfamart sehingga berbelanja jadi hemat.
 
Modal buka Alfamart (ilustra foto)

Siapkan Modal 300-500 Juta

Jika anda sudah berniat untuk bermitra dengan Alfamart maka siapkan dana minimal 300 juta hingga 500 juta. Dana tersebut tidak termasuk sewa lahan. Rincian dari dana tersebut sebagai berikut:
  1. Biaya waralaba Rp 45 juta selama 5 tahun
  2. Biaya instalasi listrik
  3. Biaya peralatan gerai
  4. Biaya pemasangan AC
  5. Biaya pengadaan komputer kasir
  6. Shop Sign dan Sign Pole
  7. Biaya pembuatan perizinan gerai
  8. Biaya software (sistem informasi ritel)
  9. Biaya promosi dan persiapan pembukaan gerai.
Ada dua tipe yang disediakan yang bisa anda pilih sesuai keinginan yaitu 36 rak dan 45 rak. Dimana Tipe 36 rak, luas area minimal 80 meter persegi dengan nilai investasi sebesar Rp 397 juta. Tipe 45 rak, luas area minimal 100 meter persegi dengan nilai investasi sebesar Rp 417 juta.

Sistem Keuntungan Bagi Hasil Alfamart

Karena anda menggunakan Franchise atau waralaba, maka anda akan membagi hasil dengan sistem royalti kepada Alfamart dari gerai yang anda dirikan. Royalti dihitung secara progresif tergantung dari jumlah penjualan bersih bulanan dan belum termasuk pajak.
  1. Omzet Rp 0 hingga Rp 150 juta sebesar 0 persen
  2. Omzet hingga Rp 175 juta sebesar 1 persen
  3. Omzet dari Rp 175 juta hingga Rp200 juta sebesar 2 persen
  4. Omzet dari Rp 200 juta hingga Rp250 juta sebesar 3 persen
  5. Omzet lebih dari Rp 250 juta sebesar 4 persen
Syarat Buka Alfamart

Berminat join waralaba Alfamart? Simak persyaratan yang dibutuhkan
  • Warga Negara Indonesia (WNI) 
  • Memiliki badan usaha sendiri seperti Koperasi, PT, CV atau yang lainnya
  • Memiliki tempat usaha untuk gerai Alfamart sesuai dengan ketentuan yaitu minimal 800 meter persegi (di luar gudang dan ruang administrasi) sehingga total lahan secara keseluruhan kurang lebih 150 hingga 250 meter persegi
  • Harus memiliki izin usaha dari tetangga, SIUP, NPWP, TDP, domisili dan sebagainya 
  • Bersedia mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh Alfamart.
Untuk lahan yang akan dijadikan sebagai gerai Alfamart, tidak harus milik sendiri sehingga anda bisa sewa lahan. Dan pastikan untuk sewa lahan minimal 5 tahun atau 10 tahun.

Namun sayangnya meskipun Alfamart merupakan tempat belanja yang nyaman, tetapi dari segi harga tentu lebih mahal dibandingkan dengan anda berbelanja di warung biasa atau pasar tradisional.

Kekurangan lain ketika Anda berbelanja di Alfamart adalah anda tidak bisa melakukan tawar menawar harga, karena harga yang di tulis merupakan harga net.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel