Biaya Pondasi RUMAH UKURAN 6x12

Bagi kamu dan pasangan yang ingin memiliki rumah sendiri dan terlepas dari orang tua, mulailah memikirkan tentang rumah yang akan ditempati, selain memikirkan rumahnya, kamu juga dapat merencanakan untuk tipe rumah dan ukurannya. Sebagai contoh rumah dengan ukuran 6x12, bagaimana dengan pondasinya? Menarik sekali jika kita membahasnya, berapakah biaya yang dapat disiapkan untuk tipe rumah ukuran 6x12.

Jika kita membicarakan tentang biaya kamu akan membandingkan sebaiknya rumah dengan biaya murah itu rumah langsung jadi atau membangun kembali, selalu ingat jika ingin membangun kembali kamu harus memiliki tanah atau setidaknya harus ada lahan yang harus kamu beli untuk awalnya, baru kamu merencanakan untuk membangun rumah, sehingga ada 2 tahap yang harus kamu lakukan, memiliki tanah, dan mempersiapkan membangun rumah.

Berbeda dengan memiliki rumah sudah jadi, keseluruhannya dapat langsung kamu miliki dengan memegang sertifikat hak milik, tapi harus dicek kembali yang kamu miliki itu tanah atau bangunan saja atau dua duanya.
 

Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6x12

Untuk denah rumah ukuran 6x12 kamu dapat memasukkan 3 kamar tidur, dan tambahannya mushola, teras dan taman. Sebelum kita memutuskan untuk membeli rumah dan bagaimana memiliki rumah tersebut, langkah pertama kamu tentukan dahulu biayanya dengan membuat rencana anggaran biaya (RAB), kemudian dalam RAB tersebut yang harus kamu list kan, yaitu:

Ukuran, dengan melihat ukuran tanahnya kamu juga melihat berapa tipe rumah yang hendak dibangun. Selanjutnya untuk bahannya dan juga pembangunannya menggunakan pekerjaan borongan atau tidak.

1. Biaya Upah membangun

Untuk upah pekerja dihitung berdasarkan setiap pekerjaan yang mereka lakukan terhadap bahan material yang tersedia. Mulai dari penggalian tanah untuk pondasi, untuk pemasangan seperti memasang batu bata, plafon, kusen, atap, sanitasi, keramik dan instalasi. Berbeda untuk upah jasa dengan borongan, untuk upah borongan yang dihitung adalah seberapa luas tukang mengerjakan suatu bangunan. Untuk biaya upah jasa borongan biasanya kisaran Rp 600 - 800 ribu.

Sebagian besar kontraktor menawarkan untuk borongan penuh agar kamu tidak repot membeli bahan material, sehingga dibutuhkan pekerjaan yang profesional menghasilkan rumah yang berkualitas baik, dan untuk ongkos ini akan membutuhkan biaya kisaran Rp 3 - 5 juta permeter.

2. Lakukan survei Bahan Bangunan

Sebagai rekomendasi dapat kamu cek ulasan artikel tentang harga bangunan pada website hargajasa.com. Tipsnya, kamu harus memilih bahan yang terbaik atau dianggap nomor satu, kemudian kamu harus mulai berpikir untuk membangun rumah minimalis.

3. Melakukan Pembangunan secara Bertahap

Melakukan pembangunan secara bertahap ini juga sebagai trik jika keuangan kamu tidak memadai, sehingga kamu membangun bangunan yang didahulukan dahulu seperti pondasinya. Kemudian bagian-bagian ruangan yang akan kamu letakkan banyak barang. Kamar tidur dan kamar mandi harus menjadi yang utama kamu bangun daripada ruangan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel