Biaya Cat Rumah type 36 dan 45

Rumah type 45 (foto waa2.co.id)
Profbiaya - Berapa biaya yang mesti disiapkan untuk cat rumah type 36 dan type 45? Kalau cuma hitung biaya nya sih mudah. Yang menjadi acuan adalah cat nya mau merk apa? Karena di toko banyak sekali merk cat dengan harga berbeda. Ada yang cat murahan ada juga cat yang bagus dengan harga sedikit mahal.

Ada hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membangun rumah yaitu estimasi atau perkiaraan biayanya, khususnya dalam hal mengecat rumah.

Biaya Cat Rumah Type 36 dan 45

Untuk Anda yang menginginkan rumah type 36 atau 45, Anda perlu menyiapkan sejumlah cat yang cukup untuk seluruh bagian rumah tersebut. Kira-kira berapa biaya yang perlu disiapkan? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

Menyiapkan Biaya Cat Rumah

Setelah Anda memiliki referensi cat rumah yang berkualitas, tetapkan anggaran biaya yang perlu Anda siapkan. Untuk menyiapkan biaya cat rumah tipe 36 dan 45, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami yaitu:

Tentukan dulu luas dinding rumah Anda dengan rumus
"(2 x panjang x tinggi) + (2 x tinggi x lebar)"

Hitung volume cat yang dibutuhkan dengan rumus
"Luas dinding : daya sebar cat"

*daya sebar cat terdapat pada kemasan masing-masing jenis cat.

Nah, dengan panduan rumus di atas Anda bisa menentukan berapa banyak cat yang Anda butuhkan dan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli cat dan biaya mengerjakan pengecatan (jika Anda menggunakan jasa orang lain).

Siapkan anggaran biaya pengecatan sesuai dengan luas bangunan yang ingin Anda cat. Pilihlah jenis cat berkualitas sehingga bisa bertahan lama.

Mengenal Tipe Rumah 36 dan 45

Dapat dikataka bahwa rumah dengan tipe 36 dan 45 merupakan jenis rumah yang tergolong sederhana. Rumah tipe 36 adalah rumah dengan luas bangunan 36 m2, misalnya rumah dengan ukuran 6 x 6 m = 36 m2.

Rumah ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki rumah minimalis dengan 2 kama tidur, 1 ruang tamu yang juga menyatu dengan ruang keluarga, ruang dapur, dan juga memiliki 1 kamar mandi di luar kamar.

Sementara rumah dengan tipe 45 merupakan jenis rumah yang memiliki luas bangunan 45 m2. Pada dasarnya model rumah tipe 45 tidak jauh berbeda dengan rumah tipe 36. Rumah model ini biasanya memiliki ukuran 8 x 5,6 m atau 6 x 7,5 m. Ruangannya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang tamu dan menyatu dengan ruang keluarga dan dapur, 1 kamar mandi, dan mempunyai teras lumayan luas.

Persiapan Pengecatan Rumah

Sebelum memulai mengecat rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, diantaranya:

Pemilihan Cat Dinding

Ada banyak jenis cat yang dijual dipasaran yang bisa dijadikan pilihan. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih cat yang akan Anda gunakan. Pastikan cat yang Anda pilih berkualitas baik, sehingga tidak mudah luntur saat digunakan untuk mengecat tembok.

Cat tembok yang berkualitas memiliki beberapa ciri, diantaranya:
  • Tidak mengandung timbah atau timah hitam dan merkuri.
  • Tidak mengandung lem putih (ppAC).
  • Cat mampu bertahan hingga 5 tahun (tanpa mengelupas atau luntur saat terkena air)
  • Tidak berbau menyengat, tekstur lembur dan tidak lengket.
Referensi:
https://www.arsitag.com/article/rumah-sederhana-tipe-36-45-
https://www.homify.co.id/ideabooks/5183083/cara-menghitung-biaya-mengecat-rumah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel