Perkiraan Biaya Ternak Lele 1000 Ekor Hingga Panen

Foto budidaya lele (jurnal.id)
Budidayaa lele menjadi salah satu usaha yang banyak diminati. Pasalnya, ternak lele mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar ketika panen. Kebutuhan akan lele semakin meningkat seiring dengan bertambahnya bisnis kuliner.

Lele menjadi menu makanan favorite banyak orang. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ternak lele, ketahuilah beberapa hal berikut ini, khususnya masalah biaya.

Memulai Usaha Ternak Lele

Langkah awal untuk memulai usaha ternak tentu Anda harus menyiapkan modalnya dulu. Tak hanya uang, akan tetapi Anda perlu menyiapkan tempat atau kolom untuk budidaya ikan lele. Pembuatan kolam lele ini umumnya terbuat dari terpal. Model kolam lele bisa berupa kolam terpal di bawah tanah, artinya Anda perlu menggali tanah dan dilapisi terbal sebagai kolam. Namun, jika tidak ingin menggali tanah, Anda bisa membuat kolam beton yang dilapisi juga dengan terpal.

Memilih Bibit Lele yang Tepat
Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu memilih bibit lele yang akan dibudidayakan. Pilihlah bibit terbaik, misalnya dengan memilih lele yang bisa mengonsumsi jenis pelet F999 atau pelet dalam bentuk butiran, ketika bibit berusia 2 minggu. Hal tersebut memudahkan Anda dalam merawatan, sehingga menghindari lele yang mati karena tidak dapat makan.

Pemilihan Pakan Lele yang Tepat

Selain mengeluarkan uang untuk menyiapkan kolam dan pembelian bibit lele, pastikan Anda juga menyiapkan biaya untuk pembelian pakan atau pelet. Jangan sampai lele yang Anda budidayakan kekurangan pangan, sehingga membuatnya mati.

Makanan untuk lele juga perlu disesuaikan dengan umur bibit. Misalnya untuk lele berumur 2 minggu berikan pelet F999, untuk lele di atas 2 minggu berikan jenis pelet 781 - 2 hingga lele berumur 2 bulan. Sementara jika usia lele di atas dua bulan hingga 3 bulan atau hingga panen, berikan pelet jenis 781. Memberi makan lele yang tepat dilakukan di malam hari, karena nafsu makan lele lebih besar ketika malam hari.

Biaya Budidaya 1000 Lele

Berikut ini perkiraan biaya yang perlu Anda siapkan jika ingin membuka usaha ternak lele. Misalnya, Anda ingin memulai budidaya 1000 lele, berapa biaya yang harus disiapkan? Simak perkiraan biayanya sebagai berikut:
Biaya Pengadaan:
Bibit lele (Rp 500 x 1000) = Rp 500.000
Terpal (ukuran 2 x 3 meter) = Rp 200.000
Perlengkapan pembuatan kolam = Rp 100.000
Selang air (25 meter) = Rp 100.000
Ember besar = Rp 100.000
Pakan ikan = Rp 1.000.000
Biaya lainnya (darurat) = Rp 500.000
Total Perkiraan Biaya = Rp 2.400.000

Jadi, dengan modal sekitar 2 jutaan rupiah, Anda sudah bisa membuka usaha budidaya ikan lele. Dengan modal tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih jika melakukan budidaya yang tepat.
Itulah perkiraan biaya budidaya ikan lele yang perlu Anda persiapkan jika ingin membuka usaha tersebut.
Referensi:
https://www.tokomesin.com/peluang-usaha-dan-analisa-usaha-ternak-ikan-lele.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel