Asumsi Biaya Membuat Rumah Minimalis 2 Lantai terbaru

ProfBiaya.com - Berapa Biaya Membuat Rumah Minimalis 2 Lantai? Bagi anda yang berencana membangun rumah dua lantai tapi tidak yakin berapa biaya yang perlu dipersiapkan? Di artikel ini, Anda akan mendapat gambaran biaya bangun rumah 2 lantai mulai dari biaya jasa hingga asumsi keseluruhan berapa.

ProfBiaya telah mengumpulkan rincian biaya selengkap mungkin untuk membangun rumah, sesuai dengan harga bangun dan harga material di lapangan. Kami juga memberikan contoh RAB nyata bangun rumah dua lantai, lho! Yuk, simak artikel ini di bawah ini!

Biaya Jasa Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai

Sudah pasti keberadaan jasa profesional yang sudah berpengalaman, kontraktor maupun tukang, merupakan hal yang paling penting saat membangun rumah. Keberadaan mereka akan membantu Anda membuat rumah minimalis 2 lantai seperti yang anda harapkan, mulai dari proses perencanaan hingga proses pembangunan, secara detail dan menggunakan sudut pandang yang jauh lebih profesional.

Dalam membangun rumah, Biaya tenaga kerja dapat dihitung per hari maupun borongan. Bila dihitung harian, perhatikan untuk menjaga jadwal pembangunan agar tepat waktu dan sesuai perencanaan awal agar biaya tenaga kerja tidak melebihi budget awal. Sedangkan bila dihitung borongan, maka upah pekerja akan dihitung per meter persegi.

Untuk biaya sistem harian, harga tukang bangunan berkisar antara Rp 100.000 - Rp 200.000 per tukang per harinya - berdasarkan strata dan keahlian tukang yang dapat dibagi menjadi mandor, tukang, dan asisten tukang. Sedangkan biaya bangun rumah dua lantai sistem borongan berkisar antara Rp 750.000 - Rp 1.000.000 per meter persegi - berdasarkan kompleksitas bangunan.

Anda bebas memilih sistem upah untuk proyek bangun rumah Anda selama sistem upah yang Anda gunakan adalah yang paling efisien dalam hal biaya maupun kualitas pengerjaan.

Biaya Bangun Rumah 2 Lantai per Meter Persegi

Perhitungan biaya bangun rumah biasa dihitung per meter persegi. Maka, Anda wajib menentukan dahulu seberapa luas rumah yang Anda inginkan sesuai dengan luas tanah yang Anda miliki.

Kemudian, tentukan budget per meter persegi luas rumah masa depan Anda. Untuk harga pasarannya, harga borongan rumah 2 tingkat berada di kisaran Rp 3.000.000 – Rp 15.000.000 per m2, biaya ini bersifat sangat relatif di mana akan disesuaikan dengan kompleksitas bangunan dan jenis/merk material (cat, keramik, pintu, dll) yang Anda inginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel