Modal Awal Jadi Agen BRILink itu Murah, nih Rincian yang Harus disiapkan

Berapa modal untuk daftar jadi agen BRILink? Sebelum kita memutuskan untuk menjadi agen BRILink dan mengajukan permohonan kepada Bank BRI, tentu nya kita harus menyiapkan sejumlah modal uang tunai dan modal yang kita simpan di rekening BRI.

Uang itu nantinya akan kita gunakan untuk transaksi keluar masuk rekening kita. Uang tunai diperlukan untuk nasabah yang melakukan transaksi tarik uang tunai. Uang nasabah yang ada direkening ditransfer ke rekening kita (agen), lalu kita (agen) memberikan uang tunai kepada nasabah. 

Jadi, untuk menjalankan BRILink ini, kita harus menyiapkan dua jenis uang, yang pertama uang di rekening dan yang kedua uang tunai. Dan itulah yang disebut modal usaha BRILink.

Pertanyaan Berapakah Kira-kira Modal yang Harus disiapkan Untuk Menjadi Agen BRILink?

Agar lebih jelasnya berikut kami ceritakan Salah satu Agen resmi menjadi agen BRILink dari November 2015, Seperti ini ceritanya:

Setelah saya mengajukan permohonan untuk menjadi agen BRILink dan menunggu mesin EDC datang, saya mulai browsing internet untuk mencari informasi yang saya butuhkan termasuk mengenai modal. Saya menemukan informasi yg menyebutkan “siapkan 5 – 10 juta untuk modal.” Saya juga tanya-tanya ke pegawai bank BRI, dan mereka bilang “3 – 5 juta juga cukup.”

Benarkahh?

Begitu EDC datang, saya siapkan modal 13 juta di rekening dan mulailah saya menerima nasabah yang bertransaksi dan hasilnya… saya keteteran… modal 13 juta sama sekali jauh dari cukup.

Lantas pertanyaannya.. Berapakah modal yang cukup??

Sebenarnya, informasi yang saya dapatkan sebelumnya tidak salah, modal 5 – 10 juta pun akan cukup. Tetapi, kita harus pilih-pilih jenis transaksinya. Kalo transaksi yang kita terima adalah semacam isi pulsa, beli/ bayar PLN, cicilan kendaraan, dan transaksi tunai nilai kecil, modal 5 juta pun sudah lebih dari cukup.

Tapi di daerah tertentu seperti di daerah, sebagian besar konsumen melakukan transaki jumlah besar. Jarang sekali konsumen yang beli pulsa (karena EDC hanya bisa isi pulsa nominal 50rb ke atas) atau yang bayar cicilan (karena biaya administrasinya lebih mahal).

Transaksi yang sering saya terima adalah setor tunai ke rekening yang jumlahnya lumayan besar, bahkan ada yang sekali transaksi setor ke rekening sebesar 20juta. Kalau mau melayani jenis transaksi semacam ini otomatis kita harus siapkan modal yang besar.

Jadi intinya, berapakah modal yg harus kita siapkan untuk menjadi agen BRILink??

Jawabannya: tergantung kita sebagai agen BRILink, kita tentukan dulu jenis transaksi apa saja yang akan kita layani. Kalau kita akan membatasi transaksi, misalnya hanya terima transaksi jumlah kecil, 5 – 10 juta cukup.

Tetapi kalau kita tidak ingin membatasi nilai transaksi, maka siapkan sejumlah uang yang sesuai dengan jumlah transaksi yang sering kita terima.

Kalau saya sendiri, saya membatasi jumlah transaksi hingga 30 juta untuk setor tunai. Sementara untuk tarik tunai, saya sesuaikan dengan jumlah uang tunai yang saya miliki saat itu.

Begitulah pengalaman saya mengenai modal yang saya siapkan untuk usaha BRILink ini, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel