Ingin Bangun Hotel? Inilah Perkiraan Biaya Yang Akan Dikeluarkan

Profbiaya.com - Industri perhotelan di Indonesia memang tengah bergairah. Sejumlah gedung atau bahkan hotel baru terus bermunculan di sejumlah kota besar di Indonesia. Mungkin sebagian dari Anda kerap bertanya berapa budget yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah hotel, semisal di Jakarta.

Nah, salah satu perusahaan yang semakin gencar mendirikan hotel baru adalah PT Dyandra Media International Tbk. Saat ini setidaknya tercatat ada empat hotel yang tengah digarap Dyandra.

Danny Budiharto, Chief Operating Officer PT Dyandra Media International Tbk mengatakan bahwa biaya untuk membangun hotel tergantung dari kelasnya, yaitu hotel budget, bintang tiga, empat, atau lima. 
Danny menyebutkan, biaya yang harus dikeluarkan Dyandra dalam menggarap Santika Hotel di kawasan Cikarang mencapai Rp 500 juta per kamar. “Hotel itu memiliki 120 kamar dan akan buka November tahun ini. Artinya biaya yang kami keluarkan ongkos per kamar dikalikan jumlah kamar. Harga itu belum termasuk harga tanah,” katanya.

Sedangkan untuk hotel budget yang tengah digarap di Kelapa Gading, biaya per kamarnya mencapai Rp 300 juta per kamar. “Ongkosnya terlihat murah karena masih ada bangunan yang tersisa,” katanya. Adapun biaya untuk membangun Amaris Pasar Minggu dan Amaris Pratama, Dyandra harus merogoh kocek Rp 300 juta per kamarnya. Sementara untuk hotel bintang lima di kawasan Nusa Dua, Bali, biaya yang dikeluarkan untuk setiap kamar mencapai Rp 800 juta.

Apakah biaya itu sesuai dengan prediksi Anda?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel